Solusi membuat karya tulis ilmiah yang terbebas dari plagiatisme

Ilustrasi daftar pustaka dengan mendeleyPengertian umum definisi karya tulis ilmiah adalah hasil penelitian, hasil evaluasi program pendidikan atau hasil gagasan untuk pemecahan atau menjawab suatu masalah dengan menggunakan tinjauan teori dan fakta atau data di lapangan. Adapun manfaat karya tulis ilmiah diantaranya adalah melatih menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber, mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan, meningkatkan pengorganisasian fakta atau data secara jelas dan sistematis, memperoleh kepuasan intelektual, memperluas cakrawala ilmu pengetahuan, sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian berikutnya. Salah satu hal terpenting dalam penulisan karya tulis ilmiah adalah mensitasi uraian karya tulis ilmiah ke sumber referensi dan mengelola daftar pustaka tersebut. Jika karya tulis ilmiah tersebut sudah disitasi dan sudah tercantum di daftar pustaka maka secara kepatutan karya tulis ilmiah tersebut sudah terbebas dari plagiatisme. Salah satu solusi yang bisa dipakai dalam menulis karya tulis ilmiah dan dapat terbebas dari plagiatisme sekaligus mengelola daftar pustaka tersebut dengan menggunakan program aplikasi seperti mendeley, endnote, refworks, zatero dan papers. Dari beberapa program aplikasi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan, tetapi satu sama lain saling melengkapi. Berikut beberapa fitur software aplikasi yang ada di mendeley.

1. Menjalankan mendeley desktop untuk keperluan pengelolaan daftar pustaka.

Dalam menjalankan mendeley desktop dapat dimungkinkan membuat folder dan sub folder pada aplikasi tersebut (aplikasi mendeley desktop). Dapat juga menambahkan paper atau ebook ke dalam mendeley desktop sebagai sumber referensi. Dapat mengecek dokumen atau sumber referensi yang bersifat sama atau duplicate. Mensinkronasi mendeley desktop dan mendeley versi veb secara online. Berbagi informasi, dokumen pendukung atau sumber referensi ke sesama pengguna mendeley secara online. Mencari sumber dokumen sebagai sumber referensi di dalam katalog mendeley secara online.

2. Mensitasi dokumen karya tulis ilmiah dengan software mendeley.

Dalam mensitasi karya tulis ilmiah terlebih dahulu mengatifkan “plug in“ antara mendeley desktop dengan MS word yang kita gunakan (MS word atau open office). Setelah “plug in” tersebut diaktifkan mensitasi karya tulis ilmiah dengan aplikasi mendeley dapat langsung dilakukan. Penggunaan format dalam sitasi diaplikasi mendeley desktop dapat diubah secara otomatis dan bersifat bersamaan. Format style sitasi tersebut diantaranya  A.P.A, M.L.A, Chicago, IEEE, Harvard, American Medical Association, American Political Science Association, Vaucouver dan style yang lain, sesuai dengan keinginan penulis.

3. Mensitasi dari berbagai sumber

Untuk mensitasi dari berbagai sumber ini bisa dilakukan secara online dengan cara mendownload file sitasi pada web site yang dituju sebagai sumber referensi. Adapun web site yang bisa dijadikan sumber referensi dan mendownload file sitasinya adalah IEEE (www.ieee.org), book google (https://books.google.com), google scolar (https://scholar.google.co.id/) dan lainnya.